Cara Setting ADB Secara Wireless Melalui Tethering Portable Hostpot di Android

Posted on Posted in Artikel

Bagi para Android Developer, mungkin sudah sangat akrab dengan ADB(Android Debug Bridge). Biasanya kita mengakses ADB melalui USB. Apakah ADB hanya bisa diakses malalui USB? Jawabannya adalah tidak, sebenarnya ADB bisa diakses dari koneksi apa saja, TCP/IP, Bluetooth, USB, dll.

Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana caranya mengakses ADB, melalui Jaringan wifi dengan menggunakan Tethering Portable Hotspot di Android.

Pertama-tama, pastikan anda sudah menyalakan USB Debugging di handphone anda. Jika belum anda bisa masuk ke pengaturan Android anda, pilih Development Option > Enable USB Debugging.

Lalu hubungkan handphone anda dengan komputer menggunakan USB, pastikan dikomputer anda sudah terinstall ABD Driver.

Lalu jalankan perintah berikut di command komputer anda :

# adb devices

Pastikan device anda terdeteksi dengan perintah tersebut. Lalu coba ketik perintah berikut secara berurutan :

# adb shell setprop adb.tcp.ports 4444

#adb shell stop adbd

#adb shell start adbd

Perintah pertama diatas berfungsi untuk mensetting port tcp adb kita, secara default port tcp adb adalah 5555, tapi kita disini mensettingnya dengan 4444, supaya lebih jelas. Sedangkan perintah kedua dan ketiga berfungsi untuk merestart service adb kita.

Nyalakan Tethering Portable Hotspot anda, dan hubungkan komputer anda dengannya. Cek alamat IP anda dan Handphone anda, lalu ketikkan perintah berikut :

# adb tcpip 4444

Perintah ini berfungsi untuk merestart adb server dengan port 4444, setelah selesai anda boleh mencabut koneksi kabel USB anda. Lalu ketikkan perintah berikut untuk menghubungkan Handphone anda ke ADB :

# adb connect ALAMAT_IP_HP_ANDA:4444

Lalu cek koneksi dengan mengetikkan perintah berikut :

# adb devices

Jika muncul alamat IP handphone anda, maka anda sudah berhasil menghubungkan ADB dengan menggunakan Tethering Portable Hotspot.

Sekian. 🙂