Install Java, JDK dan Setting Enviroment di Windows & Linux

Posted on Posted in Artikel, Java

Java adalah sebuah bahasa pemograman yang pada awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystem, yang dimulai oleh James Gosling. Java menjadi bahasa pemograman yang populer saat ini, sehingga sangat bermanfaat untuk mempelajarinya.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan cara menginstall java dan men-setting enviroment-nya, pertama-tama download terlebih dahulu Java SE disini

Pilih sesuai dengan Sistem Operasi Komputer anda masing-masing. Setelah selesai didownload, lalu Install, dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Setting Enviroment : 

Linux, Unix, Solaris, atau FreeBSD, jika anda menggunakan salah satu sistem operasi tersebut, maka anda tinggal menambahkan baris ini pada ‘.bashrc: export PATH=/path/to/java:$PATH’. Dengan asumsi path/to/java adalah direktori instalasi java.

Windows, Jika anda menggunakan windows, maka anda harus menambahkan enviroment variable pada komputer anda. Untuk menambahkan Enviroment variable, pertama-tama Masuk ke File Explorer dan Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu klik Enviroment Variable dibawah tab Advance. Asumsikan saja kita mengintall java pada direktori c:\Program Files\java\jdk. Selanjutnya kita edit Path variable dan kita tambahi dengan folder jdk kita, contohnya jika variabel Path kita tadinya adalah C:\WINDOWS\SYSTEM32, maka edit menjadi C:\WINDOWS\SYSTEM32;c:\Program Files\java\jdk\bin .  Lalu simpan perubahan.

Setelah selesai semua, coba buka command prompt atau terminal dan ketikkan perintah berikut :

javac -v

Jika muncul versi Java anda, maka anda sudah berhasil menginstall java.

Sekian. 🙂